Step by Step konfigurasi Wireless Tethering HP Android (Handphone menjadi HotSpot Wifi)

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing Step by Step konfigurasi Handphone Wireless Tethering Android Samsung Galaxy Mini GT-S5570, agar dapat menjadi Wireless HotSpot / Access Point. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita tidak perlu lagi mengunakan Modem 3G USB yang kita miliki dan tidak perlu lagi gonta-ganti kartu SimCard serta lebih praktis pengunaan Wifi seperti mengunakan HotSpot Access Point pada umumnya. Selain itu, dengan memiliki HotSpot sendiri kita bisa mengunakan VMWare dengan mudah tanpa jaringan LAN ataupun Cable Loopback. Iyach khan….???

Langkah Pertama : Kita masuk ke menu Pengaturan / Setting.

Kedua : Kita masuk ke menu Wireless dan Jaringan.

Ketiga : Masuk ke menu Mobile Network, kita aktifkan lebih dulu paket data / internet ( sesuai dengan layanan yang kita pake dari Simcard provider Telco ).

Keempat : Aktifkan / checkmark Layanan Paket datanya.

Kelima : Pada peringatan pengunaan paket data akan ada konfirmasi seperti di bawah ini. Lalu pilih OK.

Keenam : Paket Data sudah aktif.

Keenam : Selanjutnya kita masuk ke menu Tethering & Portable HotSpot. Jika Android anda belum ada menu ini, anda bisa download dan install aplikasi-nya dari sini :

http://www.freewarelovers.com/android/app/wireless-tether

Ketujuh : Lalu kita masuk ke menu Konfigurasi Mobile AP.

Kedelapan : Selanjutnya kita lakukan setting WIFI System di Android kita ini sama seperti kalau kita melakukan setting Access Point pada umumnya. Tentukan Nama SSID, Type Security / pengamanan dan Password, lalu pilih menu Simpan dan selanjutnya kita telah memiliki Mobile Access Point atau Portable HotSpot.

Kesembilan : Pastikan tanda Checkmark atau Centang pada Mobile AP seperti gambar di bawah ini sebagai tanda bahwa Portable Hotspot kita telah aktif.

Kesepuluh : Keluar dari menu Pengaturan dan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Kesebelas : Selanjutnya kita Scan Wifi yang ada di sekitar kita dan kita coba koneksikan Laptop kita ke Portable Hotspot yang telah kita buat tadi dengan nama AndroidAP-007.

Selain berfungsi sebagai Access Point, Samsung Galaxy Mini GT-S5570 juga berfungsi sebagai DHCP Server sehingga PC atau Laptop Client yang terkoneksi ke Access Point ini akan mendapatkan IP Address secara Otomatis. Tapi kita juga bisa setting manual koq IP Address-nya sesuai kebutuhan kita, IP Address AP sekagus berfungsi sebagai Gateway dan DNS Server adalah sebagai berikut :

IP Address Device : 192.168.43.1

IP Gateway : 192.168.43.1

IP DNS Server : 192.168.43.1

( Mudah sekali bukan ??? ). Kita juga bisa memanfaatkan Samsung Galaxy Mini GT-S5570  sebagai FTP Server mengunakan Aplikasi FILE EXPERT . Selain itu juga penulis sudah mencoba memanfaatkan Sharing akses internet ini dengan Router Mikrotik ( itupun mengunakan VMWare Workstation ). Intinya sich sangat mudah sekali kita mau berapa saja dengan teknologi ini, yang penting ada kemauan untuk meng-explorasinya. Belajar, belajar, belajar dan mencoba… Salam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s