Step by Step Teknik ROOTING HP Android (Samsung Galaxy Mini GT-S5570, dkk)

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Jika kita membeli Handphone berbasis Android, maka secara Default-nya akses Root di batasi sehingga apabila kita perlu melakukan tuning di System ataupun memanfaatkan Aplikasi yang butuh akses Root termasuk memindahkan Storage penyimpanan dari Memory handphone ke SDCARD juga tidak dapat dilakukan. Hal ini berakibat aplikasi yang di install pada HP Android kita terbatas sebesar memory handphone sehingga kita aplikasi kita cuman sedikit…

Nah, dari kendala dan kebutuhan diatas maka kita memerlukan akses Root ke HP Android kita yang mana teknik ini di kenal dengan nama Teknik ROOTING alias ‘NgeRoot’ atau apalah suka-suka anda. Teknik Rooting ada berbagai macam cara, yang saya sharing kali ini hanyalah salah satunya saja. Selebihnya dapat kita dari di Google dengan mudah…

Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk proses Rooting tersebut adalah :

Pertama :  Download aplikasi atau Tool SuperOneClick di :

http://www.4shared.com/file/p_L4G1pp/SuperOneClickv17-by-007.html

atau di :

http://www.4shared.com/file/as3D1ize/SuperOneClickv165-by-007.html

Kedua : Pastikan koneksi Kabel USB dari HP ke PC kita berfungsi dengan baik mengunakan Aplikasi Samsung Kies atau aplikasi bawaan HP anda yang lain. Samsung Kies bisa di download di SINI.

Ketiga : Jalankan aplikasi SuperOneClick.exe yang sudah kita download tadi.

Keempat : Selanjutnya akan tampil aplikasi seperti dibawah ini…

Kelima : Klik menu “ROOT” dan tunggu hingga semua proses selesai.

Keenam : Selanjutnya jika proses sudah selesai maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Klik Yes untuk melakukan uji sukses atau tidaknya proses Rooting yang telah kita lakukan tadi,

Ketujuh : Tampilan di bawah ini menunjukkan bahwa proses Rooting kita telah sukses.

Kedelapan : Selanjutnya kita bisa Reboot HP Android kita dan setelah ready, kita dapat men-download dan menjalankan Aplikasi MOVE2SD ENABLER. Kita bisa download langsung di Menu Market ataupun download dari link ini :

http://www.freewarelovers.com/android/app/sdmove

Kesembilan : Apabila HP kita belum di Rooting, maka Move2SD Enabler masih tidak bisa memindahkan aplikasi ke memory External / SDCard. Tapi jika kita sudah lakukan Rooting maka kita bisa memindahkan installasi aplikasi ke SDCard seperti menu di bawah ini.

Kesepuluh : Setelah kita pilih Memory External selanjutnya kita pilih menu APPLY.

Kesebelas : Selain itu, pada menu HP Android kita akan muncul menu / shortcut baru bernama SUPERUSER. Buka aplikasi ini karena aplikasi ini yang mengontrol aplikasi-aplikasi apa saja yang diperboleh mengakses dengan Privilleges / Hak Akses Root.

Keduabelas : Tentukan aplikasi yang boleh ‘NgeRoot’ sesuai kebutuhan kita.


Ketigabelas : Selanjutnya kita bisa mengunakan aplikasi APP2SD untuk memindahkan aplikasi yang sudah terinstall di Phone Memory ke SDCard tanpa merusak atau menganggu fungsi aplikasi tersebut… Status Aplikasi Movable berarti aplikasi masih berada pada Phone Memory dan dapat kita pindahkan ke SDCard.

Keempatbelas : Berikut ini contoh memindahkan Aplikasi Twitter dan Blacklist

Kelimabelas : Setelah aplikasi kita pindahkan lalu kita cek lagi status Aplikasi Movable sudah bersih alias sudah berpindah ke SDCard,

Keenambelas : Jika HP Android kita belum di Rooting maka kita tidak bisa masuk di Mode SuperUser. Gambar di bawah ini jelas terlihat kita bisa mengakses System di mode SuperUser. Aplikasi lain-lain bisa langsung sedot dari :

http://www.freewarelovers.com/android/apps

Okeylah kalo begitu, semoga tutorial ini bermanfaat… Salam…

2 responses to “Step by Step Teknik ROOTING HP Android (Samsung Galaxy Mini GT-S5570, dkk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s