Setting PPTP VPN Client pada Ubuntu

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing Cara Setting PPTP VPN Client pada Ubuntu 9, sedangkan VPN Server yang digunakan pada artikel ini mengunakan VPN Server dari Mikrotik. Sengaja saya mengunakan Ubuntu 9 karena Installasi ini nantinya juga akan saya konfigurasi sebagai VPN Server mengunakan OpenVPN ( yang masih disediakan OpenVPN untuk Ubuntu versi 9, jadi saya sengaja tidak mengunakan Ubuntu 10 ). Anyway… apapun makanannya… minumannya adalah… teh botol Soss… Apapun versi OS atau Distro-nya ( mau Linux kek, mau Windows kek, mau Mikrotik kek, mau BSD kek, dkk ), kalo kita benar-benar memahami BASIC KONSEP Infrastruktur dan TEKNIS Virtual Private Network maka kita bisa melakukan konfigurasi dengan mudah.

Okelah kalo begitu, kita mulai dengan melakukan konfigurasi Network, tapi jika belum ada Plugin PPTP VPN Client maka kita harus install lebih dulu dari menu APPLICATION lalu kita pilih ADD/REMOVE.

Selanjutnya setelah muncul seperti dibawah ini maka kita pilih Option Internet dan lalu pilih tambah aplikasi VPN Connection Manager terus klik Apply Changes. Selanjutnya Ubuntu akan melakukan download paket-paket yang dibutuhkan.

Setelah sukses dan selesai installasi paket VPN Connection Manager akan muncul tampilan seperti dibawah ini lalu kita klik Close.

Selanjutnya kita klik menu System lalu pilih Preferences terus kita pilih Network Connections. Lalu kita bisa Add VPN Connection.

Selanjutnya muncul pilihan jenis VPN yang akan kita buat, maka kita pilih PPTP VPN Client, lalu klik Create.

Selanjutnya kita tinggal Setting IP Public VPN Server kita pada input Gateway, lalu kita masukkan Username dan Password. Jika PC Client ini selalu kita gunakan koneksi VPN maka Option Connect Automatically dapat kita aktifkan. Artinya jika PC ini mendapat akses internet maka Akses VPN juga akan secara otomatis diaktifkan. Untuk Nama koneksi VPN dapat kita berikan secara bebas dan setelah selesai kita klik APPLY.

Selanjutnya muncul Koneksi VPN yang telah kita buat dan kita bisa klik Close.

Selanjutnya jika kita lihat Status Network kita seperti gambar dibawah ini maka VPN tadi telah terkoneksi.

Lalu kita lakukan pengecekan konfigurasi network kita dari Terminal Console dengan perintah ifconfig dan muncul seperti gambar dibawah ini. Koneksi PPP1 / Point to Point Protocol dan IP Address : 192.168.88.239 yang ditunjukkan adalah status koneksi dan IP Address yang kita dapatkan dari VPN SERVER.

Selanjutnya kita cek di VPN Server kita ( Mikrotik ) kita lihat status koneksi dari VPN Client dan IP Client : 192.168.88.239 termonitor Login VPN mengunakan Account / Username : VPN007.

Oke… setelah PC Client kita ini terkoneksi ke VPN Server maka PC Client ini sudah masuk di dalam jaringan LAN yang ada dibelakang Mikrotik VPN Server tersebut. Kita bisa mengakses semua Resource yang ada dalam jaringan tersebut, misalnya : akses Webserver, Telnet, Fileserver, PrinterServer, Email Server Local, akses sharing dengan Client lain yang ada dalam jaringan LAN maupun Client lain yang terkoneksi dari luar ( yang mengunakan VPN juga ), dll. Dibawah ini kita mengakses Mikrotik Webbox dengan IP Address : 192.168.88.251.

Dibawah ini kita mengakses Wireless Router Linksys WRT-120-N dengan IP Address : 192.168.88.216.

Catatan :

Pada Ubuntu 10 kita tidak perlu lagi install paket PPTP VPN Client karena defaultnya sudah otomatis di install.

Mudah sekali bukan…??? Selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s