Setting 2 IP Address pada 1 LAN Card

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing teknis membuat Multi IP Address pada 1 buah Interface LAN Card / NIC. Saya contohkan pada OS Windows XP sehingga bila anda gunakan Win Vista, Win 7, Windows Server, dll dapat menyesuaikan tampilan menunya saja. Perhatikan gambar dibawah ini, bahwa pada PC ini kita masih memberikan 1 buah IP Address : 192.168.88.1 karena IP Addess yang digunakan pada jaringan kita adalah 192.168.88.xxx. Selanjutnya kita akan membuat jaringan baru pada dengan IP Address : 192.168.1.xxx (pada phisical network yang sama ataupun di VMWare oke-oke saja). Maka agar PC yang kita gunakan ini dapat mengakses 2 jaringan secara bersamaan maka kita harus menambahkan IP Address : 192.168.1.xxx.


Selanjutnya kita akan memnambahkan 1 buah IP Address : 192.168.1.5, buka Properties Local Area Connection.

Selanjutnya buka Internet Protocol / TCP-IP, lalu klik Properties.

Selanjutnya kita klik menu “Advanced”.

Lalu kita tambahkan IP Address untuk jaringan yang baru dengan klik “ADD”.

Masukkan IP Address : 192.168.1.5 lalu klik “ADD”.

Setelah input IP Address selesai (berapa buah IP Address baik beda network maupun network yang sama juga bisa), selanjutnya kita klik “OK” lalu “OK” lalgi trus klik “CLOSE”.

Okelah kalo begitu selanjutnya kita coba lakukan PING ke IP Address yang lain seperti contoh dibawah ini. Nah selanjutnya akan terlihat hasil PING seperti dibawah ini berarti KALO BEGITU SUDAH OKE… Silahkan di coba dan dikembangkan sesuai jaringan anda sendiri…

4 responses to “Setting 2 IP Address pada 1 LAN Card

  1. itu kalo dalam contoh pakai IP LAN : 192.168.88.* dan IP INTERNET : 192.168.1.*, biasanya kan kalau pake speedy IP INTERNET : 192.168.1.1 (di modem) dan di IPLAN : 10.5.111.*, kalau pakai cara mas di atas saya pernah coba gak bisa connect? mohon solusinya? Thanks

  2. mangstab gan,
    tapi saya ingin tau apa keuntungan dan kerugian apabila kita menerapkan metode ini ?
    mohon penjelasannya Gan, maklum newbie nih.

    • @Jamalludin… Banyak fungsi dan kegunaannya koq……….. baik untuk Load Balancing maupun untuk Clustering… PASTI BUTUH setting multiple IP Address ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s