Sikap Sang Hacker dan Ahli Komputer – (Beberapa alasan mereka mereject dan tidak membalas email anda)

“Sikap Sang Hacker / Ahli Komputer – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda”

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Dear All rekan2 yang mau belajar…
Marilah kita menyikapi diskusi dan fenomena ini dengan kepala dingin bukan dengan emosi tapi kita mencari dan memahami jalan keluar yang terbaik dengan saling memahami termasuk etika apa yang harus kita lakukan dalam mendapatkan support dari seseorang. Walaupun hal ini sudah banyak dibahas di forum-forum yang lain, namun dokumentasi khusus ini masih layak dibaca dan dipahami oleh siapapun, dimanapun hingga kapanpun…Oke, disini saya pingin berbicara sebagai pengamat saja supaya bisa melihat materi diskusi ini dari berbagai sisi. Jadi bukan berpihak atau menyudutkan salah satu pihak, alias kita berusaha mencari win-win solution atau saling pengertian kesemua pihak. 

(1) Budaya Hacker
Seorang Hacker sejati tentunya memiliki kewajiban untuk mengabdi pada budaya Hacker. Bentuk pengabdian itu sendiri bisa berupa menulis software open source, menganalisis bugs-bugs baru, mengumpulkan informasi-informasi bermanfaat dan menyebarluaskannya, memelihara FAQ-FAQ besar, milis-milis raksasa, memoderasi forum, milis, mengelola Web Admin atau channel-channel Chatting semacam IRC.

Aktivitas-aktivitas tersebut hanyalah sebagian dari bentuk pengabdian dan pemeliharaan budaya Hacker serta penjagaan berjalannya infrastruktur. Bisa dibayangkan bukan betapa sibuknya mereka? Terlebih lagi semua itu dilakukan suka rela dengan tujuan utama non-profit.

=> Sukarela / Ikhlas…

Jadi jangan samakan mereka dengan para penggila chatting yang connect ke Internet hanya ingin hura-hura cari kenalan dengan topik pembicaraan yang tidak ada manfaatnya. Mereka (para Hacker) adalah sekelompok orang yang mengemban tugas mulia dan memprioritaskan budaya Hacker sebagai hal utama daripada mendengar rengekan-rengekan seorang newbie dan sikap mereka tidak dapat disalahkan karena bagaimanapun juga terpeliharanya infrastruktur jauh lebih penting.

=> Betul...

(2) Kehidupan Real Life
Adakalanya anda melupakan satu hal yang penting bahwa “HACKER JUGA MANUSIA BIASA”. Mereka benar-benar manusia biasa, bukan mahluk virtual yang hanya ada di alam maya. Mereka memiliki kehidupan di alam nyata dan memiliki tugas-tugas sebagai manusia pada umumnya, sama seperti anda. Mengurus keluarga, berbakti pada orang tua, beribadah kepada Tuhan, membutuhkan hiburan dan istirahat. Walaupun beberapa pendapat para Hacker senior menyarankan agar Hacker menghindari bersosialisasi dengan masyarakat, namun pada kenyataannya banyak para Hacker yang memiliki kehidupan sosial yang sangat baik dan akrab dengan masyarakat di sekitarnya.

Dengan tidak tau diri para Newbie sering berprasangka buruk dan merasa jengkel hanya karena emailnya tidak dibalas. Padahal, seperti yang telah saya sebutkan bahwa kehidupan para Hacker pada umumnya super sibuk karena mereka adalah orang-orang yang anti berpangku tangan, karena berpangku tangan adalah sebuah kejahatan bagi mereka.

=> Betul.
Sometime jika pertanyaannya terlalu rumit utk dijawab atau terlalu rumit untuk dijelaskan atau juga perlu waktu dan perlu riset maka pertanyaan email tersebut tidak langsung di jawab. Bahkan kadang terlupakan karena anda bayangkan sendiri setiap hari terima email konsultasi berapa banyak dan email milis berapa banyak.

( Milis yang di ikuti pak Onno aja lebih dari 100 Milis…)

(3) Artis dunia maya
Semakin terkenal seorang hacker / Ahli Komputer maka biasanya akan semakin banyak email yang diterimanya. Dalam sehari bisa saja ia menerima email puluhan hingga ratusan email dari para pengagum sekedar mengucapkan pujian atau dari para newbie yang sedang butuh bantuan seperti anda. Mulai email “say hello” atau pertanyaan biasa, konsultasi hingga berbagai request support untuk berbagai Corporate. Ataupun juga email dari Hacker-hacker lain untuk bertukar informasi. Jadi sadarilah bahwa anda tidak sendiri. Bersabarlah dan tunggulah email anda dibaca dan di balas (jika memang layak). Selain itu tidak jarang jarang email yang anda kirimkan masuk ke folder SPAM sehingga tidak di baca oleh Sang Hacker, jangan patah semangat jika anda betul-betul membutuhkan support atau bantuannya. Kirimkan dengan email anda yang lain dan Subject email yang jelas.
=> Yup Betul, kirimkan email yang relevan atau urgent aja.

##########

(1) Penulisan Subject email yang kurang sesuai
Adakalanya kita terkesan asal-asalan dalam membubuhkan subject email. Padahal beberapa Hacker akan melakukan “penilaian” pertamakali pada bagian yang satu ini. Penulisan subject seperti “toloong..!!” , “Help me please..” , “hai..” dan sejenisnya cenderung akan diabaikan dan tak jarang kan langsung dimasukkan kedalam tempat sampah tanpa dibaca isinya.

=> Yup Betul, anda sendiri pasti malas baca email yang berbelit-belit.

(2) to, cc, bcc
Kita cenderung menginginkan masalah kita cepat selesai dan mendapatkan jawaban sesegera mungkin. dan utnuk hal ini kita sering mengirimkan email kepada banyak orang sekaligus. Beberapa orang merasa kurang nyaman ketika menerima email seperti ini. Apalagi jika dia adalah orang sibuk, maka kemungkinan ia akan berfikir “Oh, dia mengirim email kepada banyak orang dengan pertanyaan yang sama. Biar orang lain sajalah yang menjawabnya..” Dan jika semua orang yang menerima email anda berpikiran sama, maka peluang tidak terbalasnya email anda akan lebih besar. Biasanya, Newbie mengira cara ini akan cepat mendapat respon atau akan banyak yang menjawab. Tapi justru terbalik, banyak milis yang langsung menghapus email TEBAR PESONA seperti ini.

=> Yup Betul, kalo anda perlu support maka akan lebih baik tanpa CC / BCC. Ada kalanya yang begituan langsung otomatis masuk ke folder SPAM.

(3) Menggunakan account milik orang lain
Adakalanya seorang penanya meminta kepada sang Hacker / Ahli Komputer untuk membalas emailnya ke alamat yang berbeda. Misalnya dengan kata-kata “Mohon jangan mereply ke alamat email ini, tolong anda balas email saya ke alamat berikut blablabla@lamer.suck

=> Yup Betul, anda perlu support apa minta tolong ataukah “MENYURUH”…?

(4) Tata bahasa yang buruk
Hacker sejati menyukai keindahan. Budaya Hacker menempati tingkatan tertinggi dalam bidang seni, oelh karena itu jangan mengirim email dengan tata bahasa yang buruk dan banyak terdapat salah ketik disana-sini. Sebisa mungkin gunakanlah bahasa baku, bahasa Indonesia yang baik dan benar. Atau bisa juga anda gunakan aturan TTBTED (Tidak Terlalu Baku Tapi Enak Dibaca) yang sedang marak belakangan ini. Yang penting, ungkapkan semuanya dengan penuh kesopanan dan sekali lagi, jangan terlalu banyak salah ketik disana-sini.

=> Yup Betul, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tata bahasa yang sopan serta gak perlu disingkat-singkat karena EMAIL BUKANLAH SMS. Kalo saya sich Perfeksionis, bahasa yang kita gunakan adalah cermin kepribadian kita.

(5) Tanpa Penjelasan, Tanpa Usaha
Dalam mengirimkan sebuah pertanyaan, sertailah pertanyaan itu dengan penjelasan sedetail mungkin. Disamping memudahkan sang Hacker untuk mendiagnosa masalah anda, hal tersebut akan menentukan kepuasan jawaban yang nakan anda terima.

Tunjukkan juga usaha-usaha yang telah anda lakukan sendiri dalam memecahkan masalah itu. Tunjukkan bahwa anda telah benar-benar berusaha namun belum menemukan solusi. Langsung bertanya tanpa berusaha terlebihdahulu adalah tindakan para pemalas. Bagi para Hacker / Ahli Komputer, tidak ada gunanya untuk menolong orang-orang malas yang bisanya hanya “menadah” tanpa mau berusaha sedikitpun.

=> Yup Betul, marilah kita belajar untuk menjadi orang yang ulet. Saya sich lebih suka memberikan mentahnya alias memberi inspirasi dari pada langsung memberi matangnya. Jadi anda harus berusaha dan kreatifit…

(6) Pertanyaan-pertanyaan bodoh
Mengapa disebut pertanyaan bodoh? Karena sebenarnya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya sudah ada jawabannya. Namun entah mengapa, para newbie sering melakukan kesalahan ini.

=> Kalo saya sich bukan menganggap pertanyaan bodoh, tapi saya menyadari sepenuhnya bahwa setiap orang memiliki keterbatasan. Jadi bukan kita menyalahkan tapi harus memberi mengarahkan. Tapi… semakin lama bergaul dengan komunitas maka akan semakin paham dengan etika dan tradisi komunitas tersebut ( kecuali bagi yang tidak mau belajar dan tidak mau beradaptasi ).

=> Tambahan :

(1) Biasakan bertanya dengan pertanyaan yang lengkap dan jelas, jangan sepotong-sepotong.
( Pertanyaan yang jelas dan lengkap akan mendapat jawaban yang tepat ).
(2) Biasakan mencari solusi permasalahan anda di arsip milis, jangan keburu asal tanya dulu.

 

Salam,

Nathan


From: fun just <zzzfunxxx@yahoo.com>
Sent: Wednesday, February 18, 2009 12:02:16 PM
Subject: Re: [INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda

Sebuah komunitas… Terdiri dari banyak orang memiliki hak yang sama dalam bertanya dan menjawab.

Terkadang pertanyaan itu sepertinya “bodoh sekali”…

Pastinya si penanya tak tahu jika pertanyaanya adalah pertanyaan bodoh…

Maka biarkan kami bertanya apa saja kepada siapa saja…

Jangan paksa kami memilah pantas atau tidak pantas sebuah pertanyaan…

Jawablah jika ikhlas biarkan jika tidak suka…

Inilah komunitas dengan berbagai sifat, pemikiran, kebodohan yang amat beragam

Maaf… jika kami begitu bodoh..

From: cH1km0nK <chiepoel@gmail.com>

Sent: Thursday, February 19, 2009 9:08:58 AM
Subject: Re: [INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda

Bener juga mas.
Walaupun sampe skrg saya lom bisa & lom ngerti masalah hacking, tapi saya juga sadar ternyata untuk belajar hack itu ga semudah yang saya kira harus berusaha keras. Waktu pertama saya mengenal hacker, saya ingin bisa tapi cuma dengan cara bertanya2 truz tanpa mo berusaha. Lama-lama teman2 saya juga bosen. saya baru nyadar setelah ada pesan dari mas …… di YF dan ternyata emank sulit & gak gampang. Tapi tolong kalo yang udah lebih pinter dari kami para newbie & punya artikel2 masalah hacking. Mungkin bisa di share di sini…
terima kasih untuk para master yang sudah mau membantu kami

Yup… keep positif thinking……


From: Nur Elly <nur.elly@yahoo.com>
Sent: Wednesday, February 18, 2009 11:39:37 PM
Subject: Re: [INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda

Saya juga seperti itu dulu , btw saya sekarang sadar bahwa untuk menjadi hacker itu butuh pengorbanan ,

Dulu saya banyak tanya temen2 saya, tapi lama kelamaan teman2 saya bosan mejawab pertanyaan saya kemudian saya berpikir darimana mereka mendapatkan itu semua, ternyata setelah lama kemudian saya memutuskan belajar sendiri dengan filosofi “Mereka bisa Kenapa saya tidak…!!”.
Kemudian saya mulai mengobok2 internet dan buku2 di perpustakaan di kampus saya Akakom. Mulai berkenalan dengan source code bahasa2 pemrograman, mencoba tehnik2 hacking dari buku dan internet, belajar jaringan dan topologinya serta metode2 dan troubleshooting, banyak keluar uang untuk beli buku pemrograman ,mencoba banyak sekali distro Linux sampai saya kenyang hah saya benar2 puas dan saya mulai mengerti apa yang sebenarnya para hacker lakukan dan saya memahami masalah mereka

Thanks ! mas atas penjelasannya saya sekarang benar2 mengerti dan lebih paham lagi


From: tepupunk <tepupunk@yahoo. com>
Sent: Tuesday, February 17, 2009 3:15:38 PM
Subject: Re:[INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda

Wah… hal seperti ni sering saya rasakan…  sebagai seorang newbie… tapi hendak nya… hal ini ngak bikin kita down dalam cari ilmu…. think positif aja… ga di jawab bukan berarti end of every thing’ toh makin penasaran, makin bagus kan… asal jgn mpe mati aja penasaran… huahaha. ..

peace..

— Pada Sen, 16/2/09, Onno W. Purbo <onno@indo.net. id> menulis:
Dari: Onno W. Purbo <onno@indo.net. id>
Topik: Re: [INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda
Tanggal: Senin, 16 Februari, 2009, 4:23 AM

sebenernya sih semua ilmu saya bisa di baca dengan mudah
di http://opensource. telkomspeedy. com/wiki atau
http://opensource. telkomspeedy. com/speedyorari ..

satu kebiasaan jelek saya adalah kalau saya gak ngerti masalahnya & saya tidak ahli di bidang tersebut
saya biasanya tidak akan sok jago & menjawab pertanyaan tsb :))) ..

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _
From: Fatonah Tulfurkon <mat_khopet@yahoo. com>
Sent: Monday, February 16, 2009 5:48:47 PM
Subject: [INFO] Sikap Sang Hacker – Beberapa Alasan mereka Mereject Email Anda

Buat para admin saya mohon maaf nieh soalnya saya prihatin kepada para newbie yang saya lihat pertanyaannya itu-itu terus tanpa ada usaha yang di lakukannya sehingga banyak yang gak di respond dan di balas yang lebih parah lagi komplain via japri lagi (bikin mumet aja). sekali lagi saya mohon maaf siapa tahu dengan membaca artikel ini bisa membuat seluruh anggota milis jadi lebih dewasa dalam penulisan posting yang dia lakukan. Mohon maaf juga soalnya ini artikel juga sudah lama banget yang sudah baca, silahkan dibaca lagi siapa tahu ada inspirasi buat kedepan

Terima kasih

Furkon

7 responses to “Sikap Sang Hacker dan Ahli Komputer – (Beberapa alasan mereka mereject dan tidak membalas email anda)

  1. Yang tepat, kalau belajar itu belajarlah sama yang sederajat atau tinggi sedikit. Jangan terlampau banyak perbedaan kelasnya, selain kurang ditanggapi juga kurang cepat memahami dalam menangkap maksud sang suhu……

  2. ternyata itulah alasan dari para hacker…

    ayo-ayo, sadar diri…

    orang bule bilang, kalau disuapin terus kapan bisa makan sendiri…makan sendiri aja g bisa boro-boro cari makan sendiri….

    thanks mas…

  3. Tak semuanya indah dan mudah dalam memahami bila tak mencari dengan skill yang ada di diri kita, perbanyaklah mencari. Jangan menunggu yang belum tentu akan datang dengan sendirinya.

    Thank’s

  4. Yang tepat, kalau belajar itu belajarlah sama yang sederajat atau tinggi sedikit. Jangan terlampau banyak perbedaan kelasnya, selain kurang ditanggapi juga kurang cepat memahami dalam menangkap maksud sang suhu……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s