Setting Printer Network dgn HP Install Network Printer Wizard

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Walaupun tidak terlalu banyak penguna Printer Network / Printer dengan koneksi jaringan ( bukan pakai USB atau LPT1 ), karena umumnya penguna atau pemilik Printer Network ini adalah perusahaan besar saja (harganya mahal sich…). Padahal saat ini harga Printer Network ini sudah murah sehingga di waktu mendatang kita akan lebih suka mengunakan Printer Network, karena dengan Printer Network ini lebih simple atau lebih mudah serta lebih praktis daripada teknik Sharing Printer USB pake PC pada umumnya. Sebab printer network bisa difungsikan / digunakan oleh semua PC Client di jaringan tanpa memerlukan sebuah PC yang harus terus menerus hidup untuk mengatur service sharing printer tersebut.

Untuk printer Network merk HP, biasanya ada kode “N” belakang seri printer tersebut berarti “NETWORK”. Contohnya Printer HP Laserjet 4200N, HP Laserjet 2420N, HP Laserjet Colour 3600N, HP Laserjet Colour 5550N, dll. Interface yang digunakan pada HP Printer Network adalah HP JetDirect yang biasanya sudah built in dalam Printer Network tersebut ataupun yang berupa modul / card yang ditancapkan pada socket slot.

Selain HP Printer Network, kita juga bisa mengunakan Printer USB atau LPT1 kita menjadi sebuah printer network dengan mengunakan sebuah Print Server ( ada printer server yang wireless juga loh ). Contohnya yang akan saya buat dalam artikel berikutnya adalah mengunakan Printer Server merk DLINK type DP300U.

Oke lah kalo begitu… kita mulai melakukan teknik Setting Printer Network mengunakan HP Install Network Printer Wizard. Teknik ini sangat membantu kita dalam melakukan konfigurasi printer network dengan cepat dan mudah.

Langkah Pertama : Download aplikasi atau installer HP Install Network Printer Wizard sesuai dengan OS yang kita gunakan. Downloadnya disini :

www.hp.com

Langkah kedua : Setelah download selesai, lakukan installasi hingga finish. Jangan lupa printernya juga sudah di setting dengan IP Static yang tepat ( sebaiknya jangan IP Dynamic, ntar jadi ribet nyari2 printernya ). Hehehe …

Langkah ketiga : Jalankan Aplikasi HP Install Network Printer Wizard.

 

Aplikasi ini bisa kita gunakan pada HP Printer yang terkoneksi dengan kabel UTP maupun Wireless.

Selanjutnya akan terdeteksi Printer Network kita seperti gambar dibawah ini.

Setelah type Printer yang akan di install kita pilih, selanjutnya kita akan diminta menentukan lokasi file Driver printer ini.

Selanjutnya kita install hingga finish.

Selanjutnya kita bisa melakukan Test Printing, atau bisa juga test dari menu Printer Properties seperti biasanya.

Langkah terakhir : Selanjutnya kita lihat pada Daftar Printer yang terinstall pada PC kita telah ada dan berhasil. Silahkan lakukan Test Printing untuk memastikan printer kita ini telah berfungsi sebagai mana mestinya. Dan kita juga bisa setting printer ini sebagai printer sharing, tergantung kemauan dan kemudahan yang kita inginkan. Hemmm… Mudah sekali bukan…???

Pada Artikel berikutnya saya juga akan membahas bagaimana membuat setting Printer Network yang tidak mengunakan Printer Network dari HP. Termasuk Trik membuat Port Printer ( non USB / non LPT1 ), tapi Port LPR atau Port IP Printer… Oke lah kalo begitu, selamat mengikuti artikel berikutnya…

4 responses to “Setting Printer Network dgn HP Install Network Printer Wizard

  1. Huahahaha….pas banget ni tutorialnya…kang Nathan ini kaya ada indra ke-6 ya bisa tau kebutuhan anak2 milis…khususnya saya. thanks berat kang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s