Remote PC Client dengan NetSupport Manager

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

NetSupport Manager adalah salah satu software Remote untuk Support ataupun mengontrol seluruh Client yang kita miliki. Yang lebih asyik lagi, NetSupport ini mampu digunakan untuk berbagai macam Platform. Baik Windows, Linux, Mac, PDA atau Pocket PC dengan Windows Mobile / Windows CE.

Untuk melihat atau mempelajari fitur apa saja yang dimilikinya, silahkan langsung ke :  http://www.netsupportmanager.com

atau ke :

http://www.4shared.com/file/x-19DCrh/NetSupport_Manager_10.html

Mengenai Remote Desktop Client ini adalah sesuatu hal yang sangat sensitif dan sangat rawan. Tapi SAYA MENEGASKAN kepada rekan2 pemakai software remote apapun jenisnya AGAR MENJUNJUNG TINGGI ETIKA SEORANG IT ADMINISTRATOR dengan MENGHARGAI PRIVASI HAK ORANG LAIN dan mengunakan Software Remote HANYA UNTUK SUPPORT USER. Dan juga kepada User di kantor juga saya sarankan agar anda juga menghargai dan menjunjung tinggi kewenangan IT Administrator ( sekalipun anda secara struktural punya jabatan yang lebih tinggi loh ) dengan mengunakan fasilitas komputer HANYA UNTUK PEKERJAAN KANTOR bukan untuk kepentingan PRIBADI…. So… jika semua kita jalankan secara Proporsional dan Profesional maka tidak ada kendala bagi semua pihak.

Dengan demikian akan terjalin rasa saling percaya, tidak ada rasa was-was apalagi ketakutan terhadap IT Administrator atau IT Staff. Karena di balik kewenangan atas komputerisasi tersebut ada TANGGUNG JAWAB yang sangat berat untuk menjaga System dan menciptakan Stabilitas komputer, jaringan dan infrastruktur yang ada.

NetSupport Manager yang digunakan untuk sebagai Prasarana untuk Support User atau HelpDesk atau Technical Support ini pada dasarnya dibagi menjadi 2, yaitu NetSupport Control dan NetSupport Client. Keduanya merupakan fitur dan dibedakan pada saat proses installasi saja ( Installer-nya sama ). NetSupport Control berfungsi untuk melakukan Remote Full Akses dan fungsi Manage semua PC Client. Sedangkan NetSupport Client di install pada PC Client dan tidak dapat melakukan Remote.

Step By Step Installasi NetSupport Control adalah sebagai berikut :

Pertamax : Lakukan Setup Installer NetSuppot Manager yang dapat anda download di :

http://www.netsupportmanager.com/downloads.asp

atau :

http://www.4shared.com/file/14697088/e9831d17/NetSupport_Manager_10.html



Kedua : Saat muncul License Agreement ini klik “I Agree” lalu klik Next.



Ketiga : Selanjutnya masukkan License yang telah kita miliki lalu klik Next.


Keempat : Selanjutnya pilih type Installasi atau kita bisa langsung pilih Typical Installation lalu klik Next untuk memulai proses Installasi, tunggu hingga selesai.

( untuk ‘NetSupport Control‘, pilihan ‘Client Only’ installasi untuk PC Client yang lain )

( tunggu hingga proses installasi selesai ).


Kelima : Klik tanda Checkmark pada “Run Client Configurator” lalu klik Finish. Anda juga bisa sekalian Checkmark pada “Deploy” jika ingin langsung melakukan Deploy NetSupport Client. Dengan Deploy NSM Client ini kita bisa melakukan installasi NSM Client via Remote, jadi gak perlu kita jalan-jalan keliling ruangan untuk melakukan installasi Client satu persatu…


Keenam : Saat muncul tampilan seperti dibawah ini, klik saja “TEST” dan setelah Test sukses klik OK hingga selesai.



Ketujuh : Selanjutnya jalankan dari menu Program Files atau shortcut yang ada pada desktop “NetSupport Control”.  Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Kedelapan : Pada menu utama BROWSE kita klik View for Clients lalu klik OK, maka selanjutnya NSM akan mencari semua Client yang telah di install NSM Client yang ada di jaringan LAN kita.

Kesembilan : Setalah daftar Client di tampilkan maka kita bisa melakukan remote akses ke client tersebut.

Kesepuluh : Double klik PC Client yang akan kita remote misalnya PC dengan nama IT-003 seperti dibawah ini.

Oke lah kalo begitu, pahami fitur -f itur NetSupport Control dibawah ini :

1. Fungsi akses desktop dibedakan : Watch ( cuman nonton penampakan desktop client doang ), Share ( yang me-remote dan yang di remote dapat mengunakan Mouse+keyboard secara bersamaan, cucok buat training ) dan Control ( Mouse+keyboad Client hanya bisa dipakai oleh Admin yang me-remote, user cuman bisa nonton doang. Cucok buat user yang bandel… hehehe… ).

2. Tampilan bisa Full Screen ataupun Window dan bisa Scale to Fit Screen ( jika setting display client lebih tinggi daripada monitor yang me-remote ).

3. Bisa mengambil gambar, video, suara, rekam, nguping sound di client, dll dari PC Client. Cucok buat investigasi user yang suka muter desah-mendesah…

4. Bisa digunakan untuk mengontrol atau untuk AUDIT inventory, baik hardware yang terpasang maupun software yang terinstall. Awas loh, teman-teman BSA banyak yang tanya & belajar ama saya cara mengunakan fungsi ini. Huahahaha…

5. Bisa untuk melakukan Transfer File, baik untuk mengirim atau mengambil file dari Client. Cucok buat investigasi Client yang suka simpan file XXX, pasti ketemu semua dech. Huahahaha…

6. Bisa untuk Chatting LOCAL dengan 1 Client maupun beberapa client sekaligus tanpa perlu Chat Server. Bagus buat komunikasi 2 arah dalam memberikan support kepada user.

7. Bisa untuk melakukan Reboot, Log Out paksa, dll.

Untuk Installasi NSM Client dapat anda baca pada artikel berikut ini :

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/04/03/step-by-step-installasi-netsupport-client

Saya akan berikan 2 buah Tips dalam melakukan setting agar NetSupport kita ini dapat memberikan lebih kemudahan, tapi saya hanya tunjukkan dalam gambar saja bukan dengan penjelasa. So… hasil atau fungsinya akan anda lihat sendiri setelah mencobanya…

1. Klik menu Setting atau bisa juga dari menu “View” lalu pilih “Setting for curent configuration”,  trus klik Remote control dan setting seperti gambar dibawah ini :


2. Dari menu utama, klik Network lalu pilih Configure dan selanjutnya anda setting seperti dibawah ini :


28 responses to “Remote PC Client dengan NetSupport Manager

    • # Aditx… Saya juga udah implementasikan di sejumlah jaringan LAN maupun sejumlah warnet, SANGAT MEMBATU SEKALI baik bagi operator maupun untuk technical support. Kita bisa mengunakannya untum membantu pelanggan maupun untuk membantu pelanggan dalam belajar mengunakan internet ( utk pemula ). Tapi…. saran saya untuk rekan-rekan warnet harus tetap MENJAGA ETIKA agar tetap terjaga KEPERCAYAAN DARI PELANGGAN. Gak ada masalah koq kalo kita terapkan secara Proporsional dan Profesional. Okey…???

  1. Saya ingin nanya ne… saya udah 2 tahun menggunakan NetSupport School V.8.51 pada kantor saya dan selama ini telah banyak membantu menggunakan aplikasi ini, persoalanya ketika saya meremote client, desktop background client berubah menjadi blank (biru) seperti pada gambar sdr di atas. Sehingga user client akan ketahuan kalau saya yg meremote. Pertanyaanya adalah ada soluisnya agar desktop background client tidak berubah menjadi blank? atau barangkali ada NetSupport School versi terbaru yang dapat membantu masalah saya ini…? Trims..

    • # ocusalo… Kalo untuk kantor sich saran saya pake NetSupport Manager. Pake NSM gak ada masalah tuh, tetap muncul desktop wallpaper pada Client. Jadi Client yang di remote gak terasa apa-apa krn gak ada perubahan tampilan pada Desktop PC mereka…

  2. NetSupport Manager sudah di coba sesuai instruksi/contoh maksudnya😀 , yang jadi pertanyaaan gimana cara delete/menghilangkan NetSupport client (yg ada di sudut kanan bawah) padahal kita sudah Remove/uninstall softwarenya.

    Terima Kasih
    –3R–

    • # –3R–… Kalo di Uninstall itu ya pasti hilang juga ICON NSM d taskbar, kalo gak hilang sich berarti proses Uninstall-nya gak perfect. Coba install lagi trus lakukan Uninstall, gmn hasilnya…???

    • # sto… Yup… saya sehari2 ngontrol PC Client & Laptop di jaringan Wifi juga bisa berfungsi sebagaimana kita pake jaringan Cable…
      So… “NO PROBLEMO…”

  3. 1. Speedy pakai router
    2. client di batasi hanya 5 komp yg bisa access internet padahal jumlah 20 client
    3. tidak pakai IP pd tiap client-nya
    Pertayaan :

    1. gmana cara menampilkan 5 client tsb yg aktif, cara seeting Netsupport.

    thx. banyak bantuan.

    • # sto… Wah gak nyambung nich urusan Remote client dgn urusan Router, limit access, IP DHCP… Ini mah udah urusannya Router Mikrotik… Baca 2 dech artikel Mikrotik bandwith manajemen…

  4. mas,aq da berhasil install dan mencoba remote jg uda bs,tp yg jd pertanyaan koq pas meremote client berhasil tp dekstop client koq malah tampil biru kaya capture mas,apa ga bs dekstopny ditampilkan seperti aslinya ,jd yg punya kompi ga curiga klo diremote,ya ini bwt pengetahuan aja sich mas.ok trims ats jawabannya

  5. Bang sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana kita bisa tau kalo kita di remote (watch) sama orang lain?
    kalo program ini, jelas kita bisa lihat dari program file/netsupport. Ada program lain yang lbh “sadis” spt super-silent-manager-silently-watch-remote-computer.
    Point-nya bgmn kita tau sedang di remote?
    Trim’s banyak bang sebelumnya.

  6. kalo install ke linux gimana ya pa? ada link file yang untuk linux?
    apakah ini juga bisa melihat antar OS?
    misal: Server menggunakan Linux dan client menggunakan Windows, atau sebaliknya

  7. Om kalo beda IP settingnya giman ye ??
    Client –>10.126.120.3
    server –>10.126.121.5
    kalau ping dari server ke client Replay…
    tapi kalau browse pake Net support kok gak di kenal ye ??..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s