Panduan Installasi XAMPP untuk Webserver

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Webserver yang paling Simple dan praktis serta mudah adalah XAMPP. Aplikasi sudah termasuk Apache WebServer, Database Server MS-SQL, PHP dan PERL.  Termasuk juga didalamnya ada FileZilla FTP Server, Mercury Email Server dan Tomcat. Berikut ini saya sharing tahapan Installasi XAMPP hingga dapat berfungsi sebagai WebServer Local / LAN / Intranet, maupun kita fungsikan lebih lanjut sebagai Webserver yang dapat di akses via internet.

Tentunya melalui Domain Names yang kita miliki maupun memanfaatkan DynDDNS seperti pada artikel saya sebelumnya :

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/17/panduan-membuat-webserver-dgn-ip-public-dinamis-via-dyndns/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/19/membuat-personal-webserver-dyndns-dgn-im2-broom/

Artikel ini juga merupakan bentuk lain dari artikel tentang XAMPP yang telah saya buat :

http://jamesbond.xp-solution.com/panduan_membuat_webserver_dgn_xampp.html

Okey, berikut ini saya buat artikel Step By Step Installasi XAMPP dalam versi yang lain dan saya akan lanjutkan dengan artikel Step By Step Installasi WordPress, Joomla, Drupal, dll.

Step By Step Installasi XAMPP :

Pertama : Download Installer XAMPP dari link dibawah ini :

http://www.apachefriends.org/en/xampp.html

Kedua : Pastikan setting IP Address LAN kita dengan benar, misalnya kita gunakan IP Address : 192.168.1.100

Ketiga : Install XAMPP ke Local PC kita, ikuti seperti gambar dibawah ini dengan seksama :

Ketiga : Selanjutnya tempatkan installasi ke folder yang kita inginkan, misalnya ke : C:\XAMPP

Keempat : Jawab Y untuk menempatkan shortcut Xampp ke Desktop ( gambar diatas ini ). Dan pada gambar dibawah ini jawab Y untuk melanjutkan proses installasi.

Kelima : Jawab N pada tampilan gambar diatas agar nama drive di setting universal ( pada setting konfigurasi XAMPP kita ). Lalu pada tampilan dibawah tekan ENTER untuk melanjutkan proses.

Keenam : Tekan X saat muncul tampilan di atas karena proses installasi telah selesai. Dan selanjutnya kita lihat di Dekstop kita akan muncul shortcut XAMPP.

Ketujuk : Jalankan shortcut Xampp, Klik Start sesuai kebutuhan kita apakah Apache WebServer saja ataukah MS-Sql ataupun semua aplikasi yang lain.

Kedelapan : Jika kita inginkan Aplikasi ini bisa Running secara otomatis saat PC kita di hidupkan maka kita bisa mengaktifkan melalui Windows Service.

Kesembilan : Selanjutnya kita dapat mengecek atau testing Running Webserver kita berjalan dengan lancar apa tidak. Maka kita dapat buka Web Browser kita misalnya Mozilla firefox, ketikkan alamat : http://localhost atau dengan mengetikkan IP Address PC kita misalnya yang telah kita setting IP : 192.168.1.100.

Kesepuluh : Selanjutnya kita buka Database Server MySql yang selanjutnya nanti akan kita gunakan untuk Database Server Websites yang kita gunakan seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll.

Kesebelas : Selanjutnya kita buka folder C:\XAMPP\HTDOCS , folder inilah yang digunakan untuk menempatkan desain websites yang kita miliki atau yang akan kita gunakan. Pada installasi awal, XAMPP juga telah menyertakan contoh Websites untuk testing saja seperti dibawah ini.

Keduabelas : Selanjutnya kita buka di Webbrowser IP Address kita seperti dibawah ini dan muncul tampilan “It Works!”. Itu tandanya bahwa Webserver telah berjalan dan berfungsi dengan baik serta siap digunakan lebih lanjut.

Ketigabelas : Kita dapat membuat sejumlah Subfolder sesuai kebutuhan kita.

Keempatbelas : Contohnya kita buat Subfolder jamesbond dan selanjutnya kita dapat akses di Webbrowser dengan alamat : http://192.168.1.100/jamesbond

Oke lah kalo begitu, tutorial ini sangat jelas dan silahkan dibaca berulang kali supaya rekan2 dapat benar-benar memahami konsep dan teknis implementasi ini dan semoga dapat bermanfaat dalam membangun Web Server atau Portal di Intranet masing-masing.

Selanjutnya untuk membuat FreeDNS / Domain Name mengunakan IP Public seperti dari ADSL Speedy dengan memanfaatkan layanan gratis dari http://www.dyndns.com

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/17/panduan-membuat-webserver-dgn-ip-public-dinamis-via-dyndns/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/19/membuat-personal-webserver-dyndns-dgn-im2-broom/

4 responses to “Panduan Installasi XAMPP untuk Webserver

  1. Boss/..!!! Di Kompie ku kalo ngakses Localhost / no. IP ku… Si Brwser minta username ma Password ???

    udah ta Coba semua username dan Password di C:\xampp ga bisa juga..???

    Ada Pencerahan boss???

    • Installasi XAMPP tidak akan minta password pada localhost di browser. Kalo MySQL khan pake default password nya open ( tanpa password ).

      Maksudnya pertanyaan ini setelah install CMS apa hanya stlh install XAMPP aja…??? Coba pahami step by step-nya lagi dech, pertanyaannya msh kurang jelas. Atau bisa juga anda kirim capture screen shoot anda ke email : progtel2004@yahoo.com

  2. bos…, bagaimana supaya setting LAN nya indikasinya tidak unplugged, soalnya saya setting ip nya 192.168.1.100 , tapi tidak bisa konek. yg bisa konek hanya localhost atau 127.0.0.1.
    ketika saya install pake localhost, mentok karena tidak bisa conect to database katanya, padahal apache dan mysql sudah running di xampp panelnya.

    terimakasih.

    • # mr.v… 192.168.1.100 ini adalah sesuai IP Local PC anda dan harus terkoneksi ke jaringan / SWITCH atau bisa juga kalo stand alone pake Kabel Loopback…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s