Teknik Meng-Upgrade Versi Mikrotik

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Meng-Upgrade versi RouterOS Mikrotik pada PC Router maupun pada RouterBoard ada beberapa perbedaan dan juga ada beberapa persamaan. Teknik yang saya sharing ini merupakan bagian dalam Teknik Upgrading versi RouterOS Mikrotik. Ada beberapa Teknik Upgrading versi RouterOS Mikrotik, diantaranya adalah :

#. Mengunakan Teknik CD Installer Mikrotik versi yang lebih tinggi ( untuk PC Router ).

#. Mengunakan Teknik Upload file NPK ( untuk PC Router & RouterBoard ).

#. Mengunakan Upgrade Online ( untuk PC Router & RouterBoard, kita bahas pada artikel yang akan datang ).

Berikut ini detail teknik upgrading-nya :

1. Mengunakan Teknik CD Installer Mikrotik

Teknik Upgrade ini sangat mudah sama seperti kita install Mikrotik PC Router pertama kali.  Setelah memilih paket yang akan di install lalu kita pilih “i” untuk memulai install maka Mikrotik akan mengeluarkan pertanyaan seperti gambar dibawah ini :

Jika kita pilih “Y” maka konfigurasi Mikrotik kita yang lama ( sblm di upgrade ) akan di simpan dan digunakan pada installasi selanjutnya. Artinya Konfigurasi System yang telah kita buat tidak akan berubah, 100% masih utuh hanya yang berubah versi System RouterOS-nya saja menjadi terbaru. Tapi… syaratnya kita bisa meng-upgrade dengan konfigurasi system Mikrotik yang lama HANYA dalam kondisi Mikrotik kita yang sudah memiliki License. Jika Mikrotik kita masih versi TRIAL atau belum diberi License maka Konfigurasi yang lama akan di hapus total alias kita harus konfigurasi lagi mulai dari NOL.

2. Mengunakan Teknik Upgrade dengan file NPK.

A. Kita harus melakukan download file NPK versi yang kita inginkan ( pilih versi yang sudah stabil di http://www.mikrotik.com/index.html ).  Jika Router kita pake PC maka pilihlah System Type => OTHERS X86 PLATFORM dan Select Software Type = STABLE. Contohnya seperti link ini : http://download.mikrotik.com/routeros-x86-4.6.npk .

Jika Router kita mengunakan RB450 maka kita bisa pilih  System Type => RB400 Series dan Select Software Type = STABLE. Contohnya seperti link ini : http://download.mikrotik.com/routeros-mipsbe-4.6.npk

B. Selanjutnya file NPK tersebut kita download dan simpan ke harddisk Lokal PC / laptop kita. Setelah itu kita harus meng-upload file tersebut ke Mikrotik kita, bisa melalui Drag ‘n Drop ke WinBox maupun upload melalui FTP.

C. Setelah file NPK ini selesai di upload ke Mikrotik, maka selanjutnya kita bisa melakukan Reboot Mikrotik kita baik dari Console, WinBox, Telnet, WebBox maupun dari SSH.

D. Setelah selesai proses Reboot dan Mikrotik sudah ready, maka selanjutnya kita Login ke lagi ke Mikrotik kita dan lihat versi Mikrotik kita yang sekarang…????

Tarrrraaaa…. Jadi dech… RouterOS versi yang terbaru di Mikrotik kita…

3 responses to “Teknik Meng-Upgrade Versi Mikrotik

  1. Salam kenal mas…
    Saya menggunakan RB750/3.30 dan berencana upgrade ke 4.6.
    Tutorial ini sangat membantu bahwa ternyata upgrade itu tidak serumit yang saya bayangkan.

    Namun ada satu pertanyaan saya, apakah semua settingan (ip addresses, queue, dll) tidak akan hilang ataukah akan kembali ke default?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Yup… tidak ada satupun setting kita yang akan berkurang setelah proses Upgrade versi Mikrotik ini. Tapi alangkah baiknya kalo setting Mikrotik kita backup lebih dulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s